Ciri-ciri, Jenis, dan Cara Mengolah Pisang Kepok, Pisang dengan Cita Rasa Manis dan Mudah Diolah

Pisang di Indonesia bukanlah buah yang mahal harganya, sangat terjangkau dan juga ada beragam jenisnya. Diantaranya adalah pisang kepok yang tentunya sudah tidak begitu asing bagi Anda. Pisang kepok ini sendiri cukup banyak peminatnya karena memiliki rasa yang manis. Jika berbicara mengenai kandungan gizi yang ada dalam buah pisang yang satu ini juga tidak main-main karena memang cukup banyak. Anda bisa mendapatkan produk pisang tersebut di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Ciri-ciri Pisang Kepok

Agar tidak salah kaprah dalam membelinya, apalagi pisang jenisnya juga sangat banyak, maka penting sekali bagi Anda untuk mengetahui karakteristik atau ciri-ciri dari pisang kepok ini terlebih dahulu, yaitu:

  1. Bentuknya lebar, pisang kepok ini tidak seperti jenis pisang yang lainnya, karena memang ia punya bentuk yang melebar atau pipih bukan bulat.
  2. Ukurannya pendek, sedangkan jika dilihat dari segi ukuran maka ia tergolong dalam pisang yang memang pendek, bukan yang panjang melengkung.
  3. Daging manis, dari segi daging buah pisang ini punya cita rasa manis, itulah yang membuatnya digemari oleh banyak kalangan, karena memang nikmat untuk dikonsumsi. Daging buahnya memiliki warna kuning dan agak jingga.
  4. Tekstur pulen, tekstur dagingnya tidak keras, melainkan pulen saat dimakan, sehingga terasa nikmat.

Jenis-Jenis Pisang Kepok

Patut untuk diketahui bahwa pisang yang satu ini tak hanya ada satu jenis yang dijual di pasaran, melainkan ada 2 jenis, diantaranya adalah:

  1. Pisang kepok putih, kepok putih ini daging buahnya sedikit lebih keras dibandingkan dengan yang kuning, rasanya juga agak sepat. Sehingga ia tidak banyak dikonsumsi oleh manusia, melainkan digunakan sebagai pakan burung.
  2. Kepok kuning, untuk olahan atau dikonsumsi secara langsung maka kepok kuning ini adalah pilihan terbaik, karena ia memiliki cita rasa yang manis dan tentunya paling enak untuk dikonsumsi, maupun dibuat beragam jenis olahan.

Cara Mengolah Pisang Kepok

Seperti yang diketahui bahwa pisang kepok ini tergolong sebagai produk pisang olahan, itulah mengapa paling nikmat jika ia disantap dan dijadikan beragam jenis menu lain, diantaranya adalah:

  1. Digoreng menjadi pisang goreng, olahan yang paling umum dari pisang kepok ini adalah dengan digoreng, nantinya ia akan menjadi pisang goreng yang pada dasarnya termasuk dalam makanan sejuta umat, banyak yang suka karena dapat dijadikan sebagai teman minum kopi maupun ngeteh.
  2. Dikukus, paling praktis lainnya maka Anda juga bisa menjadikan pisang kepok tersebut sebagai pisang kukus, pasti banyak yang sudah tidak asing dengan makanan yang satu, dengan mengukus maka akan membuat cita rasanya jadi lebih nikmat, apalagi disantap ketika masih panas.
  3. Dibakar, jika ingin aroma yang lebih nikmat smokey maka bisa mencoba olahan yang satu ini, yaitu pisang bakar, nantinya bisa ditambah dengan topping seperti susu dan juga keju.
  4. Dibuat keripik, olahan dari pisang kepok yang tahan lama adalah dengan menjadikannya sebagai bahan untuk membuat keripik, baik itu dengan rasa manis maupun gurih.

Belanja berbagai kebutuhan dapur Anda kini semakin mudah hanya dengan sekali klik menggunakan layanan dari TaniHub. Mereka menyediakan berbagai macam produk hasil pertanian lengkap dengan harga terjangkau. Langsung berasal dari para petani lokal yang baru panen sehingga terjamin kesegarannya, banyak promo istimewa yang bisa didapatkan dengan belanja sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *