Tips Perbaikan Mesin Cuci Yang Bisa Dicoba Secara Mandiri

Mesin cuci adalah produk elektronik yang pasti bisa saja mengalami kerusakan. Untuk kerusakan ringan pada mesin cuci, tentu saja Anda bisa coba untuk mengatasinya secara mandiri tanpa bantuan teknisi. Adapun Anda hanya perlu tahu bagaimana tips perbaikan mesin cuci untuk kategori kerusakan yang ringan dan mudah dilakukan pemecahan masalahnya.

Tips Perbaikan Mesin Cuci

Berikut ini, beberapa tips perbaikan mesin cuci yang mungkin bisa Anda coba untuk produk elektronik ini di rumah.

1. Perbaikan Mesin Cuci Yang Berhenti Tiba-tiba

Pertama, mesin cuci Anda tiba-tiba berhenti tanpa ada masalah sebelumnya maka cari tahu dulu apakah ada sinyal kerusakan yang muncul atau tidak. Ketika mesin cuci Anda mati setengah jam pertama, mungkin saja karena mesin tidak panas dengan benar jadi mesin akan memberi sinyal untuk berhenti. Jika mesin berhenti lebih dari 30 menit, mungkin saja terlalu panas dan terpaksa berhenti di tengah-tengah namun bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada thermistor.

Mesin cuci yang berhenti tiba-tiba juga bisa indikasi bahwa mesin mengalami kebocoran. Lihat apakah ada genangan air yang mengalir dari mesin atau periksa juga pada bagian selang, pompa dan segel pintu mesin cuci.

2. Perbaikan Mesin Cuci Yang Tidak Berputar

Selain mesin cuci bisa berhenti tiba-tiba ada juga kerusakan pada mesin yang diakibatkan karena pada saat pencucian mesin tidak bisa berputar. Jika terjadi hal ini Anda tidak boleh panik bisa coba dengan mengatur kembali pakaian dalam tabung mesin cuci.

Baiknya jangan terlalu banyak memasukkan pakaian sehingga mesin cuci bisa tidak seimbang dan berhenti di tengah-tengah. Pastikan pula bahwa keadaan mesin cuci tidak miring, karena ketika miring pasti akan berhenti sebab mesin menjalankan program keselamatan yang secara otomatis. Jika melihat indikasi bahwa mesin cuci miring maka pastikan mesin cuci diletakkan pada area yang rata atau tambahkan alas datar agar kedudukan mesin seimbang.

3. Perbaikan Mesin Cuci Yang Berisik

Berikutnya, perbaikan mesin cuci juga bisa dilakukan secara mandiri ketika mesin mengeluarkan suara yang berisik dan keras. Ketika mencuci, mesin tentu saja akan ada suara yang dikeluarkan namun biasanya suara tersebut levelnya masih wajar.

Jika level berisik yang diberikan mesin cuci sudah terlalu kuat hingga bising maka Anda bisa coba berikan pelumas pada bagian bantalan tabung. Bantalan tabung adalah komponen yang terletak di bagian bawah tabung mesin dan bisa saja mengalami aus lalu perlu diganti.

Anda juga perlu periksa pada bagian sabuk penggerak motor mesin cuci, karena kemungkinan berisik yang timbul adalah dari bagian sabuk penggerak. Namun jika komponen ini yang rusak maka Anda wajib panggil tukang service. Karena untuk perbaikan penggerak motor sedikit rumit dan perlu pengalaman.

Itu tadi beberapa tips perbaikan mesin cuci yang bisa dilakukan secara mandiri bahkan oleh orang awam. Namun jika beberapa tips di atas tidak membuat mesin cuci Anda bisa berfungsi seperti sedia kala maka wajib gunakan jasa service mesin cuci. Adapun jasa service ini bisa Anda dapatkan lewat Sejasa.

Sejasa merupakan layanan penyedia jasa profesional dan terverifikasi. Sejasa akan membantu Anda untuk menemukan tukang servis mesin cuci terbaik yang lokasinya dekat dari rumah sehingga bisa dipanggil kapan saja ketika dibutuhkan. Bahkan untuk tukang servis yang dihadirkan memiliki garansi 30 hari pengerjaan, yang tentu saja hal ini akan menguntungkan Anda sebagai pengguna jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *